Kamis, 02 Juni 2016

ResearchGate

Apa Itu ResearchGate ?

ResearchGate adalah sebuah situs web jejaring sosial gratis  dan alat kolaborasi bagi para ilmuwan sains dari segala jenis disiplin sains. Situs ini menyediakan pelbagai aplikasi web termasuk pencarian semantik (mencari seluruh abstrak), berbagi file, berbagi database publikasi, forum, diskusi metodologi, grup, dan berbagai aplikasi lainnya. Semenjak Mei 2008, ResearchGate telah digunakan oleh lebih dari 1,400,000 ilmuwan dari 196 negara.

Manfaat ResearchGate ?


Menggunakan situs ini anda bisa berbagi terkait soal penelitian. Jika anda kesulitan terkait suatu persoalanpun maka anda dimungkinkan untuk membuat pertanyaan. Beberapa orang yang memiliki ketertarikan dibidang yang anda tanyakan akan senang hati berbagi apa apa yang mereka punyai.Seringkali juga beberapa pengguna menguploap hasil publikasi kerja mereka bahkan ada yang mengupload kerjaan mereka yang seharusnya hanya bisa didapatkan di journal online berbayar. Bagi saya, buat kita kita yang berasal dari negara yang berkembang dimana institusi tempat anda bekerja belum berlangganan jurnal online maka mendaftarkan diri ke website ini sangat membantu sekali.

Ijad Madisch adalah salah satu dari tiga orang pendiri sekaligus CEO dari ResearchGate, sebuah social networking yang diperuntukkan kepada ilmuwan dan peneliti untuk saling berbagi hasil penelitian, tanya-jawab tentang ilmu pengetahuan dan saling menemukan kolaborator / bekerja sama untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Ijad memiliki gelar M.D dan Ph.D., diperolehnya dari belajar farmasi dan ilmu komputer di Hannover, Harvard University. Pada tahun 2005, beliau menerima penghargaan RSNA Young Investigator Prize untuk kerjanya pada Ultra High-Resolution CT Imaging of Tissue-Engineered Bone Growth, (pencitraan pertumbuhan tulang rekayasa dari tissue beresolusi tinggi).

Setelah beberapa tahun di Boston sebagai peneliti radiologi di RSU Massachusetts, Ijad pindah ke Berlin dan mendirkan ResearchGate pada tahun 2008. Perusahaan ini pun sekarang memiliki basis di berlin dan kantornya terdapat di Cambridge, Massachusetts. Ijad menyebutkan bahwa beliau berharap dapat memenangkan hadiah nobel melalui situsnya dikarenakan telah mengubah cara penyebaran ilmu pengetahuan ke arah yang tak terbayangkan.

Contoh yang menggunakan Reserch Gate di Universitas Gunadarma

(Profil Bapak Eri Prasetyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar